Senin, Agustus 31, 2009

Secangkir Vietnam Coffee, Kopi Susu ala Dante Coffee



Sudah lama tidak ngopi di luar sekalian ngobrol ngalor ngidul sama teman rasanya mulut ini sudah mulai protes pengen nyicipin rasa kopi yang beda dari Kopi Lintong pemberian dari seorang teman yang tiap malam diminum. Bagi coffee lover, puasa tidak harus berhenti minum kopi. Puasa tidak menjadi halangan untuk tetap menyeruput secangkir kopi atau espresso, hanya waktunya saja yang harus kita sesuaikan. Biasanya setiap pagi minum secangkir black kopi, setelah makan siang secangkir espresso dan sore hari secangkir cappuccino. Tetapi selama bulan puasa aktifitas rutin minum kopi harus diganti disaat sahur atau berbuka atau setelah sholat tarawih.
Semalam saya diajak seorang teman untuk nongkrong di SMS (Summarecon Mall Serpong). Suasana malam Senin yang saya pikir tidak terlalu ramai ternyata jauh dari dugaan saya. Mendarat jam 22.00 WIS (waktu indonesia serpong) di SMS ternyata suasana masih sangat ramai dengan live music yang mantap. Berjalan sambil larak-lirik cari tempat yang tidak terlalu berisik dan nyaman buat ngobrol, pilihan jatuh ke Coffee Bean & Tea Leaf, tetapi apa yang terjadi pada saat kami masuk ke dalam dan ingin order segelas Americano dan Cappuccinno, crew disana dengan wajah sedikit mendung bilang bahwa untuk menu kopi sementara tidak jual karena stock kopi sedang habis. Alamak…, café sekelas Coffee Bean kehabisan stok kopi, alasan yang tidak bisa diterima oleh akal sehat untuk orang awam seperti saya. Akhirnya pilihan terakhir jatuh ke Dante Coffee yang posisinya persis didepan sebelah kanan panggung yang alunan musiknya sangat menghentak dan ini adalah pertama kali saya masuk ke café yang menggunakan mesin kopi fully automatic merk SCS (Swiss Coffee System) tersebut. Dante Coffee setelah saya tahu adalah franchise kedai kopi dari Taiwan. Dengan harga yang kompetitif, menawarkan banyak pilihan untuk minuman panas dan dingin.
Seperti kebiasaan saya, saya akan mencari menu yang belum pernah saya coba dan biasanya adalah menu khusus dari café tersebut. Setelah mencari-cari menu yang ingin dipesan, pilihan saya jatuh kepada Vietnam Coffee dan temannya saya juga sama karena kami berdua belum pernah mencicipi seperti apa rasanya kopi Vietnam. Menunggu beberapa saat datanglah minuman tersebut ke meja kami. Satu cup kopi dan satu cup es batu, sambil saling lihat karena bingung saya coba sruput kopinya, "ehem kopinya lumayan" rasanya seperti black kopi biasa yang belum dicampur gula. Sambil penasaran saya panggil waiternya untuk menanyakan proses pembuatan kopinya. Ternyata mereka pakai Vietnam Drip, sambil berguman “yah kalau kayak gini dikantor gue juga bikin kopi pake ini disamping kopi mesin, dipikir pakai kopi dari Vietnam” dan setelah dikasih tahu, kami berdua senyam-senyum sambil menuangkan es batu kedalam kopinya dan sedikit diaduk, terus diminum lagi, kok ada manisnya, diaduk lagi kok tambah manis, ternyata dibawahnya ada tambahan susu kental manis. "Yah ini namanya es kopi susu" celetuk teman saya sambil tertawa. Akhirnya kami menghabiskan malam di SMS dengan diiringi live music yang asyik bersama kopi susu ala Dante Coffee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar