Senin, Desember 07, 2009

A LITTLE BIT OF COFFEE BEAN

Agar mendapatkan biji kopi yang terbaik, pertama-tama yang dibutuhkan adalah tanah yang subur dengan kandungan nitrogen, kalium dan humus. Serta cukup terkena sinar matahari dan ditanam di atas tanah yang berlekuk-lekuk dan hal yang tidak kalah pentingnya adalah curah hujan yang cukup untuk berkembangnya tanaman kopi.

Dengan keharuman bunga dan bijinya (karena bentuknya orang sering menyebutnya cherry) didapat dari tanaman yang kuat dan sehat. Awalnya hijau, kemudian berubah menjadi merah dan pada akhirnya menjadi coklat. Bagian cherry terdiri dari dua bagian biji yang berbentuk oval dan dilapisi oleh kulit ari, yang disatu sisinya bulat cembung dan sisi lainnya bulat cekung dan sedikit kerutan. Bentuk dari biji kopi sangat bergantung kepada jenisnya. Biji kopi Arabica berwarna hijau dengan corak biru dan garis tengahnya berbentuk huruf S, sedangkan biji kopi Robusta berwarna hijau cerah dengan garis tengah lurus.

Bau harum dari secangkir kopi yang kita nikmati berasal dari biji-biji tersebut. Itu sebabnya proses memanen dan lainnya membutuhkan banyak perhatian dan ketelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar