Senin, Desember 07, 2009

ROASTING


Di berbagai tempat didunia yang jauh dari di tempat asalnya, kopi mentah /kopi hijau dicampur dulu kemudian dipanggang atau dipanggang dulu baru kemudian dicampurkan . Roasting adalah proses pemanggangan biji kopi menjadi warna gelap, coklat atau kehitaman, dikarenakan pembakaran dari gula dan pembentukan beberapa zat pigmen sehingga menjadi warna tersebut diatas. Setelah di roasting maka kopi siap untuk digiling dan dimasukan kedalam mesin. Oleh karena itu roasting berarti memanaskan biji kopi dengan temperature sekitar 200°-240° C dengan teknik dan proses yang hati-hati untuk tidak sampai terlalu gosong/terbakar dan sebaliknya juga jangan terlalu premature dalam proses meroastingnya.


Perbedaan budaya dan kebiasaan minum kopi memberikan pengaruh dalam memilih tipe meroasting kopi mentah.
Light Roast (kayu manis) : Hasil roasting ini akan menghasilkan rasa kopi yang tidak terlalu kental alias ringan dan dengan aroma buah dan bunga yang segar. Hasil dari tipe roasting ini adalah biji kopi tersebut berwarna coklat muda dan kering.



Medium Roast atau Amerika Style Roast : Roasting tipe ini akan menghasilkan rasa kopi yang sedang dan tidak terlalu strong dan dengan body (tingkat keasaman)yang ringan, kaya dengan aroma harum dan nikmat sewaktu diminum.
Double Roast (Continental) : Roasting tipe ini menghasilkan rasa kopi yang strong dan bitter (pahit). Hasil pembakaran dari jenis kopi ini berwarna gelap dan berminyak dibagian permukaan nya.


Italian Roast (Espresso) : Rasa kopi dari hasil roastingan ini sangat strong dan lebih pahit, dengan tingkat keasaman yang tidak terlalu. FOPI yang diroasting tipe ini sangat susah untuk dibawa karena banyak resiko rusak atau bijinya pecah. Tapi pembakaran untuk tipe ini bagi para Coffee Lovers memberikan kepuasan Organoleptic. Kopi hasil roasting Espresso ini mempunyai warna yang khas, bercahaya dan cocok untuk proses penggilingan yang halus.



Full Roast : Proses pemanggangan dengan tingkat derajat yang tinggi dan waktu yang lebih lama. Hasil kopi tipe roast seperti ini mirip dengan Italian Roast tetapi sedikit lebih gosong lagi.

1 komentar:

  1. sangat menarik dan menambah wawasan ilmu tentang kopi

    BalasHapus