Selasa, Februari 23, 2010

Serba-Serbi Customer Saeco

Dua minggu yang lalu saya ditelpon oleh seorang customer Saeco Bapak Maulana Isman, yang ingin konsultasi tentang mesin Saeco yang beliau punya karena hampir setahun lebih mesin ini tidak digunakan karena beliau sedang bertugas diluar negeri dan kebetulan mesinnya adalah Saeco Royal Cappuccino yang waktu itu beliau bawa dari luar. Tipe mesin ini merupakan fast moving Saeco, malahan merek Royal ini lebih dikenal orang dibandingkan Saeconya sendiri. Setelah saya datang kerumah beliau di daerah Jakarta Selatan, saya temui mesin dalam kondisi mati, tetapi masih dalam kondisi baik hanya cappuccinotorenya sudah raib, tetapi bagian dalam mesin sedikit kotor dan berjamur, mungkin karena sudah lama tidak dipakai. Satu jam berhadapan dengan mesin untuk cleaning mesin dan setting ulang karena kuantitas air dan kopinya sedikit agak ngawur dan setting grindernya mesin sudah siap kembali untuk melayani sang tuannya yang sudah hampir 1 tahun tidak minum kopi karena memang ada sedikit masalah dikesehatan beliau. Setelah selesai, saya ngobrol dengan Pak Isman yang juga mantan ketua KNPI ini, ternyata beliau sangat tahu banyak tentang kopi dan jenis-jenis kopi yang ada di dunia.


Ngalor ngidul dari kopi Ethiopia, Brazil, Kolombia dan kopi Indonesia sangat beliau kuasai diluar kepala, tentang rasa, karakter, aroma dan bla-bla tentang kopi. Pengalaman yang sangat berarti buat saya sebagai seorang pemula dibidang kopi dan saya belajar banyak dari beliau, mungkin untuk mesin kopi Saeco sedikit banyak saya kuasai tetapi untuk kopi Bapak yang juga penikmat dan mengkoleksi wine dan cerutu ini ilmu jauh diatas saya. Terima kasih Pak Isman atas sharingnya semoga tetap telpon saya dan diskusi tentang kopi ya Pak.

Dan seminggu yang lalu saya juga ngobrol dengan customer Saeco, Ibu Fitri Wahab,Komisaris PT. Opus Finance, seorang Ibu muda?, wanita karir yang kantornya di daerah Sudirman dan mesin Saeco Incanto Nera nongkrong di kantor beliau. Mesin tipe ini untuk kualitas dan featurenya hampir menyamai tipe Royal, dan juga salah satu mesin yang bandel dan saya rekomendasikan untuk Bapak Ibu yang ingin memiliki mesin kopi Saeco untuk small cafe yang kapasitas perharinya sekitar 60-80 cup perhari, atau untuk kantor dan rumah. Ibu yang sangat ramah ini sangat antusias dan tahu banyak tentang kopi, karena memang beliau lama di luar negeri dan bicara tentang kopi luar, beliau juga sangat ahli. Minum kopi merupakan rutinitas pagi, siang dan sore beliau. Kami diskusi tentang mesin kopi Saeco dan tentang kopi Indonesia yang sangat terkenal didunia yang beliau juga sangat suka. Dan sayaingin menunggu rencana beliau untuk buka small cafe di lobi kantor beliau (he..he..he..), semoga terealisasi dalam waktu dekat ya Bu Fitri. Terima kasih juga atas komentar Ibu yang diluar ekspektasi saya tetapi saya yakin bukan 'hiperbola' di "Testimoni www.kopimesinku.blogspot.com.
div>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar